Senin, 19 Agustus 2019

REGENERASI KOMPUTER



SEJARAH KOMPUTER

 Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. Yang telah banyak memberikan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya.
Sejarah Komputer


Mesin penghitung atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah.
Babbage juga dikenal dengan julukan bapak komputer, The Charles Babbage Foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya terhadap dunia komputer.
Komputer merupakan alat yang biasanya dipergunakan untuk mengolah data berdasarkan aturan baku yang sudah ditentukan. Sebuah komputer juga memiliki definisi perangkat elektronik yang memiliki beberapa komponen yang bekerja sama dan membentuk satu sistem. Sehingga sebuah sistem komputer dapat menjalankan pelbagai program.
Secara bahasa, komputer berasal dari bahasa Yunani, yaitu computare. Kata computare tersebut merupakan gabungan dari kata com yang berarti menggabungkan dan putare yang artinya memikirkan perhitungan. Sedangkan dalam bahasa inggris, computare disebut dengan to compute atau menghitung.
Jika dijabarkan menurut pendapat ahli, komputer bisa diartikan sebagai alat yang dapat melakukan tugas untuk menerima input, memproses input, menyimpan, dan membuat output. Pendapat dari Robert H. Blissmer ini juga menjadi pengertian dari sistem komputer yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai alat elektronik.
Menurut Elias M. Awad, komputer merupakan alat penghitung yang dapat memproses data yang kemudian disajikan dalam bentuk data. Baik itu data digital maupun data analog. Sedangkan menurut William M. Fuori, komputer adalah alat untuk memproses data yang juga bisa melakukan perhitungan secara cepat.
Fungsi Komputer
komputer memiliki 4 fungsi utama yang sudah ada pada poin pengertian di atas. Yaitu menerima input, memproses input, menyimpan input, serta menyajikan output.
Input merupakan salah satu fungsi komputer yang berguna untuk menerima data maupun informasi dari luar. Processing merupakan fungsi yang berguna untuk memproses data-data yang masuk dan akan tersimpan ke memori internal. Sedangkan fungsi output adalah menampilkan data yang sudah dimasukkan dan bisa Anda lihat hasilnya.
REGENERASI KOMPUTER

Generasi Pertama (1940-1956) : Vacuum Tube



Komputer generasi pertama memakai Vacuum Tube (tabung vakum) untuk circuit serta drum magnetik untuk memori, serta kerapkali memiliki ukuran begitu besar menjangkau semua ruangan bagunan. Komputer generasi ini membuhkan cost yang begitu mahal untuk beli serta menjalankannya. Selain itu, komputer generasi pertama juga memakai banyak listrik serta menyebabkan panas terlalu berlebih yang seringkali jadi penyebabnya rusaknya.
Untuk menjalankan operasi, komputer mengandalkan bahasa mesin, bahasa pemrograman tingkat paling rendah yang dipahami oleh computer serta cuma dapat memecahkan satu problem pada satu saat, serta dapat memerlukan sekian hari atau sebagian minggu untuk set-up problem baru. Input berdasar pada punched card (kartu punch) serta paper tape (pita kertas), serta Output dipertunjukkan pada printout (cetakan).

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama Adalah:

  1. Ukuran fisik hardware komputer lebih besar, memerlukan ruang yang luas.
  2. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
  3. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
  4. Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
  5. Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
  6. Membutuhkan daya listrik yang besar.
  7. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
  8. Daya simpannya kecil.
  9. Prosesnya kurang cepat.
  10. Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
  11. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.
Contoh generasi computer yang pertama yaitu UNIVAC serta ENIAC. UNIVAC adalah computer komersial pertama yang di kirim ke client usaha, AS Biro Sensus pada tahun 1951.

Sejarah Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960)



Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer sekarang ini.

Komputer dengan transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.

Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua Adalah:

  1. Sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN.
  2. Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari  Magnetic Core Storage.
  3. Memakai simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
  4. Kemapuan dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
  5. Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
  6. Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
  7. Kebutuhan terhadap daya listrik lebih kecil.
  8. Orientasinya penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah pada aplikasi teknik.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1960)


Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan.
Pertama munculnya minicomputer yang didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi-generasi sebelumnya. Sejarah Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:

  1. Penggunaan listrik lebih hemat.
  2. Peningkatan dari sisi software.
  3. Harganya semakin murah.
  4. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  5. Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
  6. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  7. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  8. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  9. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  10. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)

Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari generasi ke 3, perdaanya bahwa IC pada komputer generasi 4 lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ketiga.
Pada generasi keempat, komputer sudah mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.
Sejak tahun 1970 muncul dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi 4. yang Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang bisa disebut dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration.
LSI merupakan sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC, yang dijadikan satu pada sebuah keping IC yang bisa kita sebut dengan nama chip. Istilah penyebutan chip digunakan dalam menunjukkan suatu lempengan yang berbentuk, persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.
LSI kemudian dapat dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu IC.
Kemudian dikembangkan lagi menjadi komputer mikro, yang menggunakan semikonduktor dan mikroprosesor yang berbentuk chip. Sebagai memori komputer internal sementara, sedangkan generasi sebelumnya hanya menggunakan magnetic core storage.
Perusahaan Intel dari mulai tahun 1971 telah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 operasi per detik.
Dilanjutkan lagi pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu memproses 8 bit informasi hanya pada satu waktu. Selanjutnya dilanjut dengan mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan yang merupakan prosesor sebagai tujuan umum pertama yang berhasil dikembangkan.
Jika sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang hanya sebagai kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kinerja kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan lebih dalam pengalamatan yang lebih besar.
Sejarah komputer pada generasi keempat memiliki tampilan monitor, masih menggunakan satu warna (green color).
Komputer- komputer generasi keempat diantaranya adalah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan Altair yang sudah menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

Ciri-ciri komputer generasi keempat Adalah:

  1. Menggunakan LSI (Large Scale Integration).
  2. Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  3. Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II
Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum memiliki standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).
Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tentunya tidak hanya sampai di situ saja, muncullah perangkat komputer tebaru yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.

Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan) 

Artificial intelligence


Komputer yang ada pada generasi kelima ini sebetulnya memang masih pada tahap pembangunan. Dimana komputer generasi ini nantinya akan mempunyai teknologi yang akan dibuat dengan berdasarkan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.
Pengembangan dari komputer generasi kelima ini juga memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan sebuah perangkat komputer yang bisa merespon, apa yang di input juga memakai bahasa yang digunakan oleh manusia. Bukan hanya itu saja, komputer generasi ini diharapkan untuk dapat mempelajari lingkungan yang ada di sekitarnya dan bisa menyesuaikan dirinya sendiri.
Kunci utama untuk bisa mengembangkan komputer pada generasi kelima adalah komputer kuantum, molekuler dan juga nano teknologi. Sehingga komputer ini pun dapat mempunyai kecerdasan dalam buatan yang setara dengan kecerdasan dari manusia. Generasi kelima ini juga memiliki ciri khusus seperti halnya generasi yang sebelumnya.
Ciri-ciri komputer generasi kelima:
  • Komputer masih memakai teknologi LSI yang pastinya akan mempunyai banyak pengembangan.
  • Komputer memiliki fitur yang semakin banyak setiap tahunnya.
  • Akan jauh lebih cepat untuk pemrosesan informasi.
Secara prinsip ciri dari komputer pada masa ini yang akan datang memang jauh lebih canggih dan harga untuk mendapatkannya juga lebih murah. Serta komputer mempunyai kemampuan untuk mendengar, melihat, berbicara dan jauh lebih canggih lagi. Bahkan dapat membuat kesimpulan layaknya manusia.
Hal ini menandakan jika komputer pada generasi kelima mempunyai kecerdasan buatan, dimana mendekati kemampuan serta perilaku mirip manusia. Kelebihan yang lainnya, kecerdasan ini mampu untuk memprediksi sebuah kejadian yang mungkin akan terjadi. Dapat melakukan komunikasi dengan manusia secara langsung, bentuknya juga kian mengecil.
                                                          




PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
DOSEN : PAK GHIRI BASUKI PUTRA, S.T., M.T
NEVAN NIWAN LEKSONO
NIM : 1021911050
TEKNIK ELEKTRO
klik di sini untuk melihat Universitas Bangka Belitung klik di sini untuk melihat Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung

1 komentar: